PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Candri Putra
Hasrul Hasrul
Al Rafni
Yusnanik Bakhtiar

Abstract

Penelitian ini yang bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa PPKn dan untuk Identifikasi faktor penghambat dan pendorong dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran mata kuliah kewirausahaan di Universitas Negeri Padang sudah baik pelaksanaanya, seperti strategi pembelajaran, media pembelajaran, model, pembelajaran dan juga kompetensi dosen yang sudah sangat baik, membuat proses perkuliahan membuat mahasiswa bersemangat. Hal ini terbukti bahwa 79,8% dari 84 mahasiswa termotivasi dalam hal membuka usaha. diantaranya yaitu membuka usaha kuliner, membuat produk minyak goreng kemasan. Adapun faktor penghambat minat usaha mahasiswa antara lain kurangnya praktek langsung, kurangnya modal usaha, kurangnya kapabilitas berwirausaha, dan sulitnya peralatan dan bahan baku untuk mengadakan usaha. Sementara faktor pendorong dari menumbuhkan jiwa kewirausahan terhadap mata kuliah kewirausahaan antara lain, yaitu, perasaan senang menjadi wirausaha, pendidikan kewirausahaan yang diterima sudah sangat baik, dan ingin membantu lingkungan sosial dengan membuka lapangan pekerjaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, C., Hasrul, H., Rafni, A., & Bakhtiar, Y. (2024). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PPKn. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 4(1), 55-65. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/87

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.