PENERAPAN PROGRAM GERAKAN CINTA AL-QUR’AN DALAM UPAYA MENGUATKAN KARAKTER ANAK-ANAK DAN REMAJA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yudiana Yudiana
Isnarmi Isnarmi
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan yang dilakukan dalam menguatkan karakter anak dan remaja pada program GETARAN, untuk mengidentifikasi faktor yang melatarbelakangi kegiatan penguatan karakter pada program Getaran, dan untuk mendiskripsikan bentuk implikasi kegiatan penguatan karakter dalam program Getaran terhadap perilaku anak dan remaja. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kegiatan penguatan karakter dalam program GETARAN adalah berupa kegiatan tahfidz Al-Qur’an dan kegiatan magrib mengaji. Karakter yang terbentuk seperti karakter religius, disiplin, jujur, kerja keras, tanggung jawab, dan sopan santun. Faktor yang mempengaruhi adanya kegiatan penguatan karakter dalam program GETARAN adalah pertama karena adanya kekhawatiran melihat generasi muda sekarang yang mulai mengalami penurunan karakter karena kemajuan teknologi. Kedua, lemahnya pegangan agama serta kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua menyebabkan menurunnya karakter anak-anak dan remaja. Ketiga, di Kecamatan Bonjol tidak ada sekolah khusus agama seperti Pesantren, SD IT maupun SMP IT. Kegiatan tahfidz Al-Qur’an dan magrib mengaji dalam program GETARAN ini berimplikasi terhadap terbentuknya karakter siswa menjadi lebih baik seperti: 1) karakter religius yg dibuktikan dengan anak rajin membaca dan menghafal Al-Qur’an serta disiplin dalam menjalankan salat lima waktu, 2) karakter jujur dilihat dengan pernyataan siswa yang sesuai dengan buku setoran tahfidz, 3) disiplin dalam waktu setoran hafalan ayat dan datang tepat waktu sesuai aturan yang ditetapkan, 4) bertanggung jawab, 5) bekerja keras untuk memenuhi target hafalan dan. 6) berimplikasi terhadap perilaku siswa yang sopan santun terhadap bapak/ibu guru tahfidz yang dibuktikan dengan memberikan salam ketika bertemu dan mematuhi aturan kegiatan tahfidz dan magrib mengaji ketika berlangsung kegiatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yudiana, Y., Isnarmi, I., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2023). PENERAPAN PROGRAM GERAKAN CINTA AL-QUR’AN DALAM UPAYA MENGUATKAN KARAKTER ANAK-ANAK DAN REMAJA. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 3(2), 71-79. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/71

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.