PENERAPAN TECHNOLOGIAL, PEDGOGICAL, CONTENT KNOWLEDGE DALAM PEMBELAJARAN PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nisa Ulhasna
Junaidi Indrawadi
Azwar Ananda
Fatmariza Fatmariza

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Technological, Pedagogical, Content Knowledge dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 15 Padang. Deskripsi tersebut terkait dengan bagaimana Penerapan Technological, Pedagogical, Content Knowledge dalam pembelajaran PPKn serta kendala yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan TPACK tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan  observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Technological Pedagogical, Content Knowledge mengacu pada indikator Technological Knowledge, Pedagogical Knowledge serta Content Knowledge. Selanjutnya kendala yang dihadapi guru PPKn dalam penerapan TPACK yaitu penguasaan guru terhadap teknologi yang perlu ditingkakan dan jaringan internet yang kurang stabil serta kondisi peserta didik dalam belajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ulhasna, N., Indrawadi, J., Ananda, A., & Fatmariza, F. (2025). PENERAPAN TECHNOLOGIAL, PEDGOGICAL, CONTENT KNOWLEDGE DALAM PEMBELAJARAN PPKn. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 5(1), 39-45. https://doi.org/10.24036/jikons.v5i1.167

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.