MOTIVASI ANAK KELUARGA MISKIN UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis motivasi anak pada keluarga miskin mengikuti pendidikan, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi anak pada keluarga miskin mengikuti pendidikan, dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi anak pada keluarga miskin mengikuti pendidikan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai informan yang terdiri dari Wali Nagari dan Sekretaris Nagari Koto XI Tarusan, Wali Kampung Rawang Nanggalo, orang tua peserta didik, peserta didik dan Kepala Sekolah SMPN 1 Tarusan serta Kepala Sekolah MTSN 4 Pesisir Selatan. Observasi dilakukan selama lebih kurang 2 bulan. Hasil penelitian menunjukkan motivasi anak pada keluarga miskin untuk mengikuti pendidikan ada yang memiliki motivasi tinggi dan berprestasi di sekolah serta ada yang memilih membantu ekonomi keluarga dan akhirnya putus sekolah. Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi anak keluarga miskin untuk mengikuti pendidikan meliputi faktor internal yaitu adanya sebagian anak yang pasrah dengan keadaan ekonomi dan akhirnya tidak memiliki motivasi untuk mengikuti pendidikan. Faktor eksternal yaitu, keadaan keluarga, keadaan lingkungan sosial dan keadaan ekonomi. Upaya meningkatkan motivasi anak keluarga miskin mengikuti pendidikan adalah melalui program pemberdayaan masyarakat, program Kartu Indonesia Pintar, memberi penyuluhan akan pentingnya pendidikan dan memberikan beasiswa prestasi.