UPAYA GURU PPKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru PPKn dalam membentuk karakter kebangsaan melalui pembelajaran PPKn di SMAN 1 Sitiung, dan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dalam membentuk karakter kebangsaan melalui pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan dengan triangulasi sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan upaya guru PPKn dalam membentuk karakter kebangsaan melalui pembelajaran PPKn dilaksanakan melalui tahap perencanan yang terdiri dari komponen modul ajar, indikator pencapaian, dan rencana asesmen, tahap pelaksanaan dari kegiatan awal hingga kegiatan penutup dan evaluasi pembelajaran. Selanjutnya kendala yang dihadapi oleh guru dalam membentuk karakter kebangsaan yakni waktu dan pengaruh teknologi yang semakin canggih.