PENGUATAN PENDEKATAN TERINTEGRASI SISWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmawati Saputri
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi
Susi Fitria Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying yang terjadi di MTsN 1 Kota Padang dimana bullying tersebut berupa bullying verbal, bullying relasional dan cyber bullying, untuk mengetahui kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh MTsN 1 Kota Padang dalam mengatasi terjadinya bullying serta untuk mengetahui pendekatan terintegrasi yang dilakukan untuk mengatasi bullying di MTsN 1 Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan bahwa bentuk bullying yang terjadi di MTsN 1 Kota Padang yaitu, bullying verbal seperti mengejek dengan nama orang tua dan panggilan yang tidak disukai atau buruk dan mengkritik dengan cara yang tidak baik, bullying relasional berupa memilih-milih teman, cyber bullying seperti menyindir siswa lain melalui media sosial Whatsapp dan Instagram. Kekuatan yang dimiliki madrasah untuk mengatasi bullying yaitu, penegakan tata tertib madrasah, kerjasama antar pihak madrasah untuk memerangi bullying. Pendekatan terintegrasi yang dilakukan untuk mengatasi bullying yaitu, Adanya pendekatan sistemik, pendekatan interpersonal kepribadian, pendekatan spiritual keagamaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saputri, R., Ananda, A., Indrawadi, J., & Dewi, S. F. (2024). PENGUATAN PENDEKATAN TERINTEGRASI SISWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 4(2), 93-99. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/146

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.