PERANAN MATA KULIAH PENDIDIKAN HUKUM DAN HAM DALAM MEWUJUDKAN KEPATUHAN HUKUM
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mata kuliah Pendidikan Hukum dan HAM dalam mewujudkan kepatuhan hukum pada peminjaman buku pustaka Universitas Negeri Padang, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa Prodi PPKn tidak mematuhi regulasi hukum perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menjawab hipotesis. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara mata kuliah pendidikan hukum dan HAM memiliki peranan terhadap pembentukan kepatuhan hukum mahasiswa Prodi PPKn Universitas Negeri Padang. Dengan koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,203 mata kuliah Pendidikan Hukum dan HAM berkontribusi sebesar 20,3% terhadap kepatuhan hukum. Adapun faktor penyebab mahasiswa Prodi PPKn Universitas Negeri Padang tidak patuh akan regulasi hukum perpustakaan UNP yaitu faktor internal dari pemustaka dan faktor eksternal yaitu perpustakaan itu sendiri.