IMPLEMENTASI PROGRAM LCC HARI BELA NEGARA OLEH KESBANGPOL KOTA PAYAKUMBUH DALAM MEMBENTUK WAWASAN KEBANGSAAN SISWA SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aditya Wahyu Ramadhan
Suryanef Suryanef
Hasrul Hasrul
Al Rafni

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengidentifikasi implementasi program LCC Hari Bela Negara oleh badan Kesbangpol, mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh badan Kesbangpol dalam pengimplementasian program LCC Hari Bela Negara, dan mengidentifikasi evaluasi ketercapaian program tersebut oleh badan Kesbangpol Kota Payakumbuh dalam membentuk wawasan kebangsaan siswa SMA di Kota Payakumbuh. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di kantor Kesatuan bangsa dan politik Kota Payakumbuh di Bulakan Balai Kandih, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala seksi, Seksi Kesatuan Bangsa, Guru PPKn, serta siswa dan siswi yang ikut serta dalam program LCC Hari Bela Negara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam mendapatkan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik triangulasi sumber yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan informasi yang benar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program LCC Hari Bela Negara yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kota Payakumbuh berjalan cukup baik walaupun masih terdapat beberapa kendala. Adanya kendala yang dihadapi yaitu masih adanya SMA di Kota Payakumbuh yang tidak ikut dalam program LCC Hari Bela Negara, dan keterbatasan anggaran pelaksanaan program. Tingkat keberhasilan dari program LCC Hari Bela Negara ini mencapai 90% melebihi target yang diharapkan dalam penyelenggaraan program tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramadhan, A., Suryanef, S., Hasrul, H., & Rafni, A. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM LCC HARI BELA NEGARA OLEH KESBANGPOL KOTA PAYAKUMBUH DALAM MEMBENTUK WAWASAN KEBANGSAAN SISWA SMA. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 4(1), 1-9. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/138

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.