UPAYA MEMBANGUN BUDAYA ANTI KORUPSI DI PEMERINTAH KECAMATAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Azura Sykin
Maria Montessori
Henni Muchtar
Muhammad Prima Ersya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya membangun budaya anti korupsi, mengidentifikasikan faktor-faktor penghambat dan mengidentifikasi upaya yang di tempuh untuk mengatasi hambatan dalam membangun budaya anti korusi di Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melaui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari unsur aparatur kecamatan dan masyarakat. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya dalam membangun budaya anti korupsi di Pemerintah Kecamatan Koto Tangah dilakukan melalui kampanye anti korupsi, sosialisasi anti korupsi, tranparansi dan akses informasi, penyediaan saluran laporan yang aman, serta penggunaan sistem pengawasan dengan CCTV. Faktor-Faktor penghambat dalam membangun budaya anti korupsi di Kecamatan Koto Tangah yaitu Sosialisasi anti korupsi belum dapat dilakukan secara maksimal, kebiasaan basa-basi atau segan dari masyarakat, masih banyaknya praktik calo, serta kurangnya integritas. Upaya aparatur kecamatan dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam membangun budaya anti korupsi berupa himbauan untuk selalu berkomitmen menolak korupsi dijadikan suatu rutinitas, memberikan pembinaan, memberikan sanksi yang tegas, serta untuk mengurangi praktik calo.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sykin, A., Montessori, M., Muchtar, H., & Ersya, M. (2024). UPAYA MEMBANGUN BUDAYA ANTI KORUPSI DI PEMERINTAH KECAMATAN. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 4(1), 36-46. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/134

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.