IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Robi Fernando
Maria Montessori
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMAN 1 Kecamatan Guguak. Implementasi kurikulum ini didasarkan pada tujuan untuk membentuk karakter siswa dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih responden seperti kepala sekolah, wakil kurikulum, guru PPKn, dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara efektif dengan mayoritas guru PPKn memiliki pandangan positif terhadap pentingnya pembentukan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila, termasuk kesulitan mengkomunikasikan kurikulum baru kepada siswa, keterbatasan sumber daya, dan keterbatasan waktu pembelajaran. Untuk mengatasi kendala tersebut, beberapa strategi yang dilakukan oleh guru PPKn antara lain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui riset dan studi mandiri, kolaborasi antar guru, fokus pada aspek inti pembelajaran, dan mencari solusi kreatif untuk mengatasi keterbatasan sumber daya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fernando, R., Montessori, M., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2023). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 3(2), 134-142. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/116

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.