PARTISIPASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAM PENYAMPAIAN ASPIRASI POLITIK MELALUI AKSI DEMONSTRASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Hanuzral
Fatmariza Fatmariza
Junaidi Indrawadi
Susi Fitria Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat partisipasi mahasiswa dalam penyampaian aspirasi politik melalui aksi demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun teknik dari analisis data yang dilakukan adalah melakukan pengumpulan data, menggunakan google form dan penyebaran kuesioner pada setiap mahasiswa berdasarkan organisasi mahasiswa atau unit kegiatan mahasiswa yang diikuti. Setelah mendapatkan data, kemudian dilakukan coding untuk memberikan kode pada setiap kategori data dalam mempermudah input data menggunakan pengolah data SPSS v.20. Selanjutnya dilakukan tabulasi, untuk mengklasifikasikan data berdasarkan indikator yang menjadi tolak ukur dari tujuan penelitian. Terakhir, dilakukan penarikan kesimpulan dari hasil pengolahan data untuk mendapatkan data yang valid dan kesimpulan yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi mahasiswa dalam penyampaian aspirasi politik melalui aksi demonstrasi, mendapati tingkat partisipasi yang baik. Hal ini dihitung berdasarkan perolehan skor dari jawaban mahasiswa pada kuesioner yang telah dibagikan. Adapun jawaban dari hasil penelitian partisipasi mahasiswa ini diukur berdasarkan indikator bentuk-bentuk partisipasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hanuzral, M., Fatmariza, F., Indrawadi, J., & Dewi, S. (2023). PARTISIPASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAM PENYAMPAIAN ASPIRASI POLITIK MELALUI AKSI DEMONSTRASI. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 3(2), 108-113. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/106

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.