PERAN ELIT POLITIK LOKAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK 2020

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tika Indra Marlina
Susi Fitria Dewi
Maria Montessori
Nurman S

Abstract

Artikel ini akan membahas mengenai peran elit politik lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan upaya yang dilakukan elit politik lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat di Kelurahan Lubuk Buaya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan berhasil mewawancarai sebanyak 12 informan. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dengan Lurah, Ketua RW, Ketua RT, serta masyarakat Kelurahan Lubuk Buaya. Kemudian melalui studi dokumentasi yang berhasil memperoleh foto dokumentasi kegiatan yang dilakukan elit politik lokal dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada PILKADA 2020. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga peran elit politik lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat di  Kelurahan Lubuk Buaya yaitu peran sosialisasi, peran fasilitasi dan peran koordinasi. Kemudian bentuk upaya yang dilakukan oleh elit politik lokal dalam menjalankan perannya meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada PILKADA 2020 dilakukan dengan cara sebagai berikut: 1) Peran Mediator, bentuk upaya yang dilakukan adalah Pertama, elit politik lokal mendekatkan diri secara informal kepada masyarakat. Kedua, mendatangi rumah warga secara door to door. 2) Peran Fasilitator, bentuk upaya yang dilakukan adalah: Pertama, pihak kelurahan memberikan izin pemasangan spanduk dan poster seputar PILKADA 2020 kepada tim sukses/ pendukung paslon. Kedua, Ketua RT ikut mendampingi KPPS dalam membagikan C6. 3) Peran Koordinator, bentuk upaya yang dilakukan adalah: Pertama, elit politik lokal memantau dan mengawasi pelaksanaan pencoblosan di TPS. Kedua, elit politik lokal memastikan masyarakat sudah menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Marlina, T., Dewi, S., Montessori, M., & S, N. (2023). PERAN ELIT POLITIK LOKAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK 2020. Jurnal Ideologi Dan Konstitusi PKP UNP, 3(2), 87-97. Retrieved from http://jikons.ppj.unp.ac.id/index.php/JIKONS/article/view/103

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.